Mungkin Anda sudah sangat akrab dengan istilah administrasi. Setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun memiliki staf administrasi. Namun, bagaimana dengan istilah administrasi kesehatan. Apakah Anda juga mengenal istilah ini?
Kegiatan administrasi berupa pengarsipan yang terdiri dari proses catat-mencatat, perhitungan dan surat-menyurat. Setiap perusahaan, ada bagian administrasinya. Adanya seorang staf administrasi membuat pekerjaan mudah diselesaikan secara sistematis.
Pengawas dan Pengatur
Administrasi boleh dikatakan kegiatan pengawasan dan pengaturan jalannya berbagai divisi dalam sebuah perusahaan. Keberhasilan sebuah perusahaan bisa dilihat dari sistem administrasinya yang baik. Setiap bidang usaha membutuhkan administrasi.
Misalnya, bidang pendidikan membutuhkan administrasi pendidikan yang mengatur semua kebutuhan. Khususnya, di bidang pendidikan.
Administrasi Kesehatan
Sama halnya dengan bentuk dan bidang usaha lain, rumah sakit pun membutuhkan tenaga administrasi yang baik untuk mengelola kinerja para pekerja di bidang kesehatan. Administrasi kesehatan lebih menekankan pada pengaturan keuangan, kepegawaian, penerimaan pasien, dan proses administrasi rawat inap.
Untuk memudahkan prosedur administrasi kesehatan di rumah sakit, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memberi kemudahan dalam kelancaran proses administrasi. Oleh karena itu, administrasi kesehatan dibuat melalui sistem informasi administrasi atau SIA.
Sistem informasi administrasi kesehatan merupakan sistem informasi yang berperan dalam proses administrasi, seperti proses mencatat, menghitung, dan surat-menyurat. Misalnya, pasien yang akan keluar rumah sakit akan mendapat surat keluar rumah sakit dari dokter atau bagian administrasi sehingga mempermudah proses administrasi selama menjalani rawat inap.
Rumah sakit yang begitu kompleks, bila dikembangkan keseluruhan proses administrasi, akan sangat sulit. Oleh sebab itu, ada baiknya jika dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.
Proses Administrasi Kesehatan Rumah Sakit
Proses administrasi kesehatan di rumah sakit biasanya mencakup hal-hal berikut.
- Keuangan rumah sakit, baik dari pasien maupun untuk kepentingan rumah sakit.
- Kepegawaian.
- Penerimaan pasien.
- Fasilitas kesehatan untuk pasien.
- Administrasi umum, seperti ketatausahaan dan pengrasipan.
Untuk memudahkan proses administrasi yang cukup kompleks tersebut, sistem informasi administrasi di rumah sakit sangat dibutuhkan. Sistem informasi tersebut dikembangkan untuk memperoleh kemudahan proses, mengurangi beban kerja, mengurangi jumlah kertas dan arsip, serta mempercepat proses administrasi itu sendiri.
Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dari karakteristik sistem informasi administrasi di bidang kesehatan.
- Menangani pencatatan. Sistem informasi administrasi menangani pencatatan, seperti penagihan pada pasien. Karena banyaknya pelayanan, prosesnya semakin rumit dan lama. Padahal, di lain pihak, pasien butuh kecepatan.
- Menangani perhitungan. Misalnya, jumlah obat yang digunakan di rumah sakit itu banyak jenis dan jumlahnya. Bila monitoring stock obat terjadi masalah, sistem informasi akan menolong perhitungan secara cepat.
- Menangani pengarsipan. Arsip yang ada setiap hari semakin bertumpuk. Kertas dapat dikurangi dengan sistem informasi administrasi sehingga dapat menghemat ruang dan tempat penyimpanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar